Selasa, 16 Juni 2009

Harajuku 原宿

Harajuku merupakan salah satu sentral street style di Jepang yang kini sangat menarik minat anak muda dunia, termasuk Indonesia. Namun Harajuku style tidak sebatas fenomena yang diadopsi oleh kalangan anak muda Indonesia, tetapi banyak permasalahan yang dapat diangkat menjadi topik penelitian yang meliputi sosial, budaya, gaya hidup, gaya busana bahkan estetikanya.
Melihat pengaruh Harajuku style masuk ke Indonesia, penulis melihat adanya perbedaan antara Jepang dan Indonesia, dimana hal tersebut akibat dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dari hal ini muncul masalah penelitian bahwa gaya Harajuku yang dikenakan oleh kaum muda Jepang dan Indonesia khususnya Jakarta dan Bandung mengalami perbedaan. Tidak hanya itu penulis akan mengkaji masalah pada kajian visual gaya Harajuku Indonesia (Jakarta dan Bandung) melalui pendekatan unsur-unsur fashion, dimana gaya Harajuku di Indonesia memiliki visual tersendiri.
Dalam mengupas masalah menggunakan penelitian kualitatif yaitu bertujuan memberikan gambaran dan pengolahan data atas suatu keadaan sejernih mungkin secara sistematis fakta, karakteristik, bidang tertentu secara faktual dan cermat. Angket penelitian bertujuan memberikan gambaran agar hasil analisa akan lebih objektif. Untuk pendekatan yang digunakan, penulis menggunakan pendekatan unsur-unsur fashion yang menjadi pisau dalam membedah kajian visual gaya Harajuku di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan menemukan sejauh mana perbedaan gaya Harajuku di Jepang dan di Indonesia terutama dalam hal fashion. Juga menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan gaya Harajuku tersebut. Dan yang terpenting adalah menemukan teori baru dalam membaca unsur-unsur Harajuku style di Indonesia khususnya untuk Jakarta dan Bandung.

2 komentar:

  1. Bro, tau toko yang jual baju2 harajuku di bandung gak?

    BalasHapus
  2. gw punya referensi tempat koleksi harajuku fashion .... lo add aja YM nya neh kharisma.promo

    BalasHapus